diposkan pada : 03-05-2016 13:34:27 Wonderful Indonesia Kota Palembang

Pesona Indonesia Sumatra Selatan sudah didiami manusia sejak zaman purbakala. Bukti-bukti sejarah masa lampau itu antara lain berupa situs-situs megalit dalam berbagai bentuk dan ukuran yang dapat disaksikan di alam terbuka terutama di Kabupaten Lahat, ogan Komering Ulu dan Muara Enim maupun di museum. Pesona Indonesia Peninggalan kebudayaan megalit ini merupakan hasil kreasi seni pahat nenek moyang yang terdiri dari arca batu berbentuk manusia, binatang, menhir, dolmen, pubden berundak, kuburan batu, limpang batu dan peralatan purba lainnya. Keberadaan batu-batu megalit ini juga melahirkan berbagai legenda dan mitos di kalangan masyarakat Sumatra Selatan (Sumsel) misalnya legenda Si Pahit Lidah yang karena kesaktiannya mampu membuat apapun yang tidak disukainya menjadi batu.

Dalam abad ke 7-13 masehi, Sumatra Selatan merupakan basis kekuasaan Kerajaan Sriwijaya dengan Palembang sebagai ibu kota kerajaan. Dimasa jayanya Sriwijaya dikenal sebagai pusat pendidikan dan ilmu pengetahuan mengenai agama Budha di Asia Tenggara. Pesona Indonesia Sriwijaya juga merupakan kerajaan maritim yang kuat dan disegani di Asia Tenggara bahkan berpengaruh hingga ke Cina dan Madagaskar di Afrika. Selain menguasai jalur perdagangan dan pelayaran antara Laut Cina Selatan dan Samudra Hindia juga telah menjadikan daerah ini sebagai sentra pertemuan antar bangsa.

Hal ini menimbulkan transformasi budaya yang lambat laun berkembang dan membentuk identitas baru bagi daerah Sumatra Selatan ini. Sebagian Semenanjung Malaya, Selat Malaka, Sumatera Utara, Selat Sunda masuk ke dalam lingkungan kekuasaan Sriwijaya. Pesona Indonesia Kerajaan ini tumbuh sebagai pusat perdagangan yang dikunjungi para pedagang dari Parsi, Arab dan Cina yang menjual barang-barang yang mereka bawa dari negerinya atau negeri yang dilaluinya sementara pedagang dari Pulau Jawa membeli barang-barang itu sambil menjual rempah-rempah.

Wonderful Indonesia Asal Muasal Kota Palembang

Nama ‘Palembang’ berasal dari kata limbang yang berarti mendulang emas. Menurut cerita, Pesona Indonesia Palembang menjadi kota yang makmur karena emas yang terkandung di Sungai Musi. Pada masa Sriwijaya, Palembang bernama Swarna Dwipa yang berarti Pulau Emas. Disebutkan bahwa istana kerajaan Sriwijaya memiliki kolam yang di dasarnya diletakkan batangan-batangan emas. Pada masa Sriwijaya, agama Budha mengalami kejayaan. Seorang penjelajah dari Cina bernama I Tsing melaporkan dalam catatannya bahwa di depan istana kerajaan ini, di seberang Sungai Musi terdapat kuil Budha dimana sekitar seribu orang pendeta Budha (biksu) tinggal untuk menuntut ilmu memperdalam ajaran Budha dan mempelajari Sanskerta. Dari kuil ini setiap pagi tercium aroma dupa yang wanginya tersebar hingga ke seberang Sungai Musi.

Beautiful Indonesia Letak istana kerajaan Sriwjaya diperkirakan relatif lebih jauh dari Sungai Musi dibandingkan dengan pemukiman masyarakat yang umumnya berada di sepanjang tepian sungai dan di rumah-rumah terapung atau rumah tiang- memanjang beberapa kilometer di sepanjang Sungai Musi. Penduduk yang tinggal di tepi sungai ini merupakan sumber tenaga manusia bagi armada laut yang menjadi tulang punggung kerajaan Sriwijaya dalam mengawasi kawasan perairan di sekitarnya. Sejumlah peninggalan arkeologis dari masa kerajaan Sriwjaya masih dapat ditemukan di sejumlah tempat.

Setelah berjaya selama tiga abad, pada abad ke-11 Sriwijaya diserang kerajaan Cola yang menjadi titik awal kemerosotan Sriwijaya dan kemudian Sriwijaya terdesak oleh kekuasaan kerajaan dari Jawa Timur. Pada akhir abad ke-13 Sriwijaya merosot sebagai pusat perdagangan dan akhirnya runtuh menjadi wilayah-wilayah kecil yang dikuasai bajak laut hingga kedatangan Belanda (VOC). Pada abad ke-18 muncul kesultanan Islam di Palembang yang dipimpin oleh sejumlah sultan. Sultan Mahmud Badaruddin adalah raja terakhir dari Dinasti Palembang ini dan juga sultan yang paling terkenal karena perjuangnnya menentang kaum kolonial. Pesona Indonesia Raja Palembang ini dikenal sebagai orang yang memiliki kepribadian yang kuat dan berbakat sekali. Sayangnya peninggalan kesultanan Islam Palembang ini sudah tidak ada lagi yang tersisa karena hancur dalam pertempuran melawan Belanda. Pesona Indonesia.

 

Artikel lainnya »