diposkan pada : 04-05-2016 13:51:40 Wonderful Indonesia Danau Rana

Pesona Indonesia Danau Ulak Lia terletak di Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, tepatnya terletak di seberang Kota Sekayu yang berjarak ± 2,5 KM, dengan luas ± 75 Ha. Untuk mencapai lokasi Danau tersebut transfortasi cukup lancar dapat ditempuh melalui jalan darat dengan waktu tempuh ± 20 menit. Panorama Danau ini cukup indah dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang dan suasana yang masih alami. Pada musim hujan Danau ini akan tampak lebih indah karena air Sungai Musi yang pasang dan menggenangi seluruh permukaan danau ini. Pesona Indonesia Danau Ulak Lia adalah objek wisata yang akan menjadi andalan Kabupaten Musi Banyuasin karena letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Sekayu.

Pesona Indonesia Danau Ulak Lia terletak di Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, tepatnya terletak di seberang Kota Sekayu yang berjarak ± 2,5 KM, dengan luas ± 75 Ha. Untuk mencapai lokasi Danau tersebut transportasi cukup lancar dapat ditempuh melalui jalan darat dengan waktu tempuh ± 20 menit. Panorama Danau ini cukup indah dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang dan suasana yang masih alami. Pada musim hujan Danau ini akan tampak lebih indah karena air Sungai Musi yang pasang dan menggenangi seluruh permukaan danau ini. Danau Ulak Lia adalah objek wisata yang akan menjadi andalan Kabupaten Musi Banyuasin karena letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Sekayu.

Wilayah danau mempunyai lokasi cukup strategis, karena jarak dari dari pusat kota dapat ditempuh sekitar 3 km, yang terletak di tepian Jalan Sekayu-Pendopo-Muara Enim. Belum diketahui pasti asal nama “Ulak Lia”. Namun keterangan yang dihimpun dari beberapa warga asli setempat, Pesona Indonesia Ulak berarti pusaran air, sedangkan Lia merupakan anak gadis yang meninggal di dalam pusaran danau . Konon akibat peristiwa ini warga setempat memberikan nama danau dengan danau Ulak Lia.

Secara umum topografi di sebagian besar wilayah danau merupakan tanah dataran rendah yang tergenang air pasang. Pesona Indonesia Wilayah perairan inti danau dengan luas mencapai 50 hektar merupakan bagian yang paling rendah, sehingga areal ini selalui tergenang air sepanjang tahun. Keistimewaan danau ini sebagai obyek dan daya tarik wisata terutama terhadap keunikan fisik perairan danau yang mempunyai bentuk menyerupai “tapal kuda”. Bentuk yang unik ini kemungkinan terjadi oleh adanya proses sedimentasi aliran Sungai Musi pada masa lalu. Namun keunikan bentuk perairan danau ini hanya dapat disaksikan pada waktu tertentu, tidak dapat disaksikan sepanjang tahun karena sangat tergantung dengan hidrologi di wilayah tersebut.

Beautiful Indonesia Danau Ulak Lia yang menyimpan mitos atau legenda sendiri di balik keindahan tempatnya. Menurut cerita di Danau Ulak Lia ini pernah terjadi suatu peristiwa yang telah menjadi legenda yaitu peristiwa tenggelamnya seorang anak perempuan karena terhisap oleh pusaran air yang tengah terjadi di Danau Ulak Lia. Pesona Indonesia.

Dibalik legenda yang membayangi danau ini, tempat wisata alam di Muara Enim ini sungguh akan membuat pandangan kita terasa selalu dimanjakan. Rindangnya pepohonan yang terdapat di sekitar Danau Ulak Lia ini akan membuat kita yang mengunjunginya terasa begitu nyaman karena udara sangat begitu sejuknya. Walaupun kita berjalan-jalan menyusuri Danau Ulak Lia ini saat matahari tengah teriknya dengan banyaknya pohon rindang di sekitar danau ini takkan membuat kita terlalu kepanasan.

Kita dapat menyaksikan keindahan dan keunikan Danau Ulak Lia ini yang berbentuk seperti tapal kuda. Air Danau Ulak Lia terlihat bagitu jernih dan terasa begitu menyejukkan pandangan. Kita akan menyaksikan tempat wisata alam yang sangat masih terjaga akan kelestariaanya sehingga sangat cocok bagi kita yang menginginkan susasana ketenangan. Pesona Indonesia Danau Ulak Lia di Muara Enim ini memang masih belum dikelola dan dieksplorasi secara maksimal. Namun sudah terdapat beberapa fasilitas yang tersedia yang bisa kita nikmati saat berada di Danau Ulak Lia dan tak akan mengurangi keceriaan suasana liburan ke danau cantik ini.

Artikel lainnya »